Fedora 16 review

Fedora 16 (Verne) Didedikasikan untuk Dennis Ritchie seperti yang dituliskan pada Dokumentasi Release Notes Fedora Project, selama persiapan Fedora 16, dunia komputasi kehilangan salah satu kontributor yang besar. Ritchie menciptakan Unix dan bahasa C, ia juga ikut menulis “The C Programming Language”, sebuah buku yang mengajarkan banyak programmer, tanpa Ritchie komputasi akan tidak seperti sekarang ini. Seorang pria rendah hati, Dennis akan selalu diingat, terima kasih Dennis.

Fedora 16 (Verne) dirilis pada tanggal 8 November 2011 mengalami banyak perubahan dari versi-versi sebelumnya, fitur utamanya adalah peningkatan pada:

  • Cloud computing support, diantaranya Aeolus Conductor, Condor Cloud, HekaFS, OpenStack dan pacemaker-cloud 
  • KDE Plasma workspaces 4.7
  • GNOME 3.2
  • Beberapa perbaikan pada sistem inti termasuk GRUB 2 dan penghapusan HAL.
  • Update libvirtd, guest inspection, virtual lock manager dan pvops based kernel untuk Xen virtualization support.

Linus mengatakan:

I decided to just bite the bullet, and call the next version 3.0.
It will get released close enough to the 20-year mark, which is excuse enough for me, 
although honestly, the real reason is just that I can no longer comfortably count as high as 40.

Linus Torvalds me-rilis kernel versi 3 dalam rangka untuk merayakan 20 tahun Linux di gunakan didunia, sungguh sebuah apresiasi yang tak terhingga. Kernel rilis 3 mempunyai jarak sekitar 15 tahun dengan rilis sebelumnya 2.0

Fedora 16 mengadopsi beberapa teknologi baru untuk meningkatkan kecepatan, keamanan dan efisiensi dari proses boot, diantaranya:

Aeolus Conductor
Aeolus Conductor adalah web tools instan untuk create dan manage cloud dari berbagai macam type cloud. untuk mengetahui lebih banyak silahkan ke Aeolus project

Condor Cloud
Condor Cloud adalah sebuah Infrastructure as a Service (IaaS) cloud implementation. yang memungkinkan untuk membuat banyak VMs (Virtual Machines) dari beberapa image. user interface dari Deltacloud API, implementasi menggunakan Condor.

HekaFS
HekaFS 0.7 meningkatkan fiture GlusterFS dengan  multi-tenancy, security, dan management features, HekaFS deployment membutuhkan pengetahuan bagaimana untuk set up OpenSSL keys and certificates untuk menfasilitasi authentikasi dari pengelolaan I/O levels.

Matahari
Matahari, merupakan koleksi dari APIs acces melalui remote dan local interface untuk system monitoring dan management. Matahari APIs melayani via kumpulan dari Agents. Matahari juga mencakupi framework untuk memasukkan Agents baru dan APIs.
yang dimaksud dari Agents adalah:

  • Host – sebuah agent untuk memantau dan mengontrol hosts
  • Networking – sebuah agent untuk memantau dan mengontrol network devices
  • Services – An sebuah agent untuk memantau dan mengontrol system services

Pacemaker-cloud
Pacemaker-Cloud memberikan kehandalan yang tinggi untuk penyediaan applikasi dalam virtual machines pada single node. Fitur ini menyediakan  shell untuk membentuk virtual machine images, menghubungkan sumber daya dengan virtual machines, dan mengkombinasikan image ini kedalam deployable. Deployable kemudian dapat akses dan di monitoring untuk kinerja yang tinggi. Jika virtual machines atau apliksi rusak, komponen ini akan merestart untuk mengurangi MTTR (mean time to repair) serta meningkatkan kehandalan tanpa harus operator yang melakukan manual restart.

KDE Plasma Workspace 4.7

KDE adalah salah satu Desktop Environment yang populer, kaya akan fitur dan stable yang digunakan oleh banyak pengguna Fedora. Fitur baru pada KDE Plasma Workspace 4.7 antara lain adalah kdeplasma-networkmanagement yang support untuk NM 09, pemisahan paket untuk beberapa modul yang sebelumnya monolitik, pengintegrasian gtk-3 theming, support terhadap GRUB 2, Qt 4.8 dengan Qt Mobility framework.

GNOME 3.2

Setelah meng-update pada Fedora 15, GNOME desktop kembali digunakan pada versi saat ini, banyak komponen yang mengalami update untuk di integrasikan agar lebih baik dengan  GNOME Shell diantaranya: Login Screen mengalami perbaikan visual untuk mencocokkan dengan desktop theme, kemudian NetworkManager menggunakan GNOME Shell’s system dialogs untuk otentifikasi, jauh lebih baik untuk chating, daftar kontak dapat dicari melalui shell, GNOME Shell terintegrasi dengan On-screen keyboard, baik untuk kemudahan akses dan perangkat keyboard-les (tablet)

GPT Disk Labels

Pada Fedora 16, non-EFI x86 (32 dan 64 bit) sistem, anaconda akan default membuat GPT disklabels (partition tables) bukan MSDOS disklabels. Pada sistem ini, saat melakukan booting dari disk, sangat dianjurkan (tidak selalu diperlukan dalam semua kasus, tergantung pada sistem BIOS / firmware) untuk membuat create BIOS boot partitiona sebesar 1MiB. Partisi ini akan digunakan oleh bootloader (grub2) untuk penyimpanan, Partisi otomatis akan membuat partisi yang tepat, namun pengguna yang memilih partisi custom harus membuat partisi ini secara manual. Partisi BIOS boot ini hanya digunakan pada non-EFI x86 systems yang merupakan perangkat boot disk GPT disklabels.

GRUB 2

Pada Fedora 16, GNU Grand Unified Bootloader (GRUB) versi 2, merupakan perubahan terbesar pada Fedora, yang memungkinkan opsi konfigurasi yang lebih baik, dukungan yang lebih baik untuk arsitektur non x86, scripting dan dukungan lokalisasi. GRUB 2 memiliki format dan file konfigurasi baru.

Sebagian besar Fedora user tertarik dengan integrasi  GNOME 3 pada Fedora 16, jika  ingin mencoba menjalankan  Fedora 16 pada komputer dengan graphics card yang tidak support terhadap GNOME 3, maka otomatis melakukan fallback ke GNOME 2-style system.

tidak di pungkiri bahwa sebagian Fedora user pun tidak menyukai GNOME 3-style system, jika anda termasuk salah satunya maka anda dapat menjalankan fallback mode ini sebagai pilihan. caranya sangat Simple open User Menu pada kanan atas desktop lalu pilih System Settings > System Info > Graphics dan enable Forced Fallback Mode.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: